Burung Kenari

Burung Kenari Kuning Atau Sering Disebut Yellow canary
Burung kenari dalam bahasa latinnya disebut Serinus Canaria,Awal mulanya ditemukan Oleh Seorang Pelaut Berkebangsaaan Perancis bernama Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary Madeira dan Azores di Lautan Atlantik, Bagian barat daya pesisir pantai Sahara - Afrika pada abad ke-15. Terpesona oleh keindahan bulu serta kemerduan suaranya. Keberanekaragaman Jenis burung kenari yg saat ini adalah perkembangan keturunan kenari lokal yg bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya spesies ini adalah keadaan alam ataupun disebabkan banyaknya kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Negeri Belanda yg saat ini kian dikenal sebagai negeri eksportir kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari mulai dari Inggris, Jerman serta Belgia dan kemudian kenari itu dikawinkan dgn kenari lokal & menciptakan sejumlah jenis antara lain norwich,scoth fancy,bolder fancy,london fancy,gloser,yorkshire,lanchaisire,dan lain-lain.

Sebutan burung kenari tdk ada hubungannya dengan buah kenari, Tetapi diambil dr sebutan pulau habitat aslinya, yakni Kepulauan Canary. Kepulauan tersebut sendiri memperoleh namanya dari bahasa Latin canarias yg Bermakna (pulau) anjing, disebabkan oleh banyaknya anjing liar yg terdapat di situ ketika zaman dahulu.

No comments:

Post a Comment